Cara Menyembuhkan Keputihan yang Gatal

Cara Menyembuhkan Keputihan yang GatalKeputihan yang gatal dapat terjadi akibat kurangnya kebersihan area organ intim, terkhusus bagian vulva dan sistem sekresi itu sendiri. Biasanya usia produktif akan menghasilkan lendir pada kelenjar yang berada di leher rahim. Lendir inilah yang disebut dengan keputihan, meskipun warnanya tidak selalu putih, terkadang berwarna kekuningan, kecoklatan ataupun hijau. Jumlah yang keluar pun berbeda-beda sepanjang siklus menstruasi. Jika Anda saat ini sedang mengalami keputihan dan terlihat ada gejala-gejala yang mengganggu, seperti gatal dan bau, Anda bisa mencoba beberapa cara menyembuhkan keputihan yang gatal di bawah ini.

1. Kenakan pakaian longgar
Pakaian yang longgar merupaan cara yang jitu untuk mencegah gatal-gatal pada area kewanitaan. Pastikan bahwa celana yang dipakai merupakan bahan katun 100 persen, sehingga kulit dapat dengan mudah bernapas. Jika Anda adalah seorang pekerja yang lebih banyak waktu duduk, usahakan untuk memberi waktu setidaknya sejam sekali untuk bercalan-jalan.
2. Menunda aktivitas hubungan badan
Dalam proses pengobatan, cobalah untuk menghindari terlebih dahulu aktivitas hubungan badan. Hal ini untuk mencegah terjadinya luka atau iritasi yang dapat mengankibatkan gatal-gatal. Jika tidak bisa, usahakan gunakan pelumas ataupun kondom, yang nntinya berfungsi juga untuk menghindari penularan penyakit pada pasangan.
3. Menjaga kebersihan area kewanitaan
Kebersihan sangatlah penting untuk membuat area intim terhindar dari gatal-gatal dan bau yang menyengat. Namun begitu, kebersihan yang berlebihan tidaklah baik. Bahkan mencuci area kewanitaan terlalu sering cenderung dapat menyebabkan gatal-gatal yang lebih lagi.
Anda juga harus rajin mengganti pakaian, khususnya celana dalam. Jangan lupa juga untuk selalu mandi setiap hari. Untuk membersihkan organ intim, Anda tidak perlu menggosoknya dan juga tidak perlu menggunakan sabun yang konsentrasinya kuat, terlebih lagi wewangian.
4. Melawan infeksi
Salah satu penyebab dari gatal pada keputihan adalah infeksi. Oleh sebab itu, cara mengobati keputihan yang gatal secara alami paling efektif adalah dengan melawan sumber gatal itu sendiri. Anda bisa menggunakan campuran air garam untuk mandi dengan takaran 1/2 cangkir garam pada setiap bak mandi. Anda bisa merendam diri di dalam bak tersebut selama 15 menit. Air asin diteliti sangat efektif untuk melawan infeksi penyebab gatal pada keputihan. Oleh sebab itu, cobalah untuk rutin lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 malam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s